Jokowi Dapat Gelar Adat dari Talaud, Begini Maknanya

Presiden Jokowi mendapatkan gelar adat dari Talaud. (Dokumen Sekretariat Kabinet)

FAKTA.COM, Jakarta – Ada yang menarik dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Talaud, Sulawesi Utara. Jokowi mendapatkan gelar adat “Marambe Ambaralla Palunglaa Porodisa”.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (28/12/2023), Dewan Adat Talaud melakukan prosesi gelar adat. Prosesi itu diawali dengan “manoroho”. Artinya adalah doa kepada Tuhan yang sudah memberikan keselamatan bagi Jokowi. Penganugerahan ini dilakukan di Bandara Melonguane, Talaud.

Kembali Urus Banjir Jakarta, Jokowi Resmikan Pompa Air Terbesar RI

“Bapak Presiden telah membantu kami dalam pemberian dana pusat ke pemerintah daerah sehingga pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Talaud dapat menikmati (pembangunan) dengan dana dari pemerintah pusat,” kata Ketua Dewan Adat Talaud, Arvan Bawangun.

Mantan wali kota Solo itu diberikan tutup kepala “parudante pangasso” yang bermakna keagungan dan kemuliaan. Presiden juga dipakaikan selendang “sarumbaing” yang bermakna mengayomi dan merangkul”.

Jokowi Ingin Masyarakat Tak Lagi Berobat ke Luar Negeri

Jokowi mengapresiasi gelar tersebut. Dia mengatakan gelar adat yang diberikan kepadanya sebagai amanat.

“Gelar ‘Marambe Ambaralla Palunglaa Porodisa’ ini menjadi amanah untuk menjadi pemimpin, mengayomi dan melindungi masyarakat Talaud,” tulis dia di aku Instagram @jokowi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//