Hewan Ini Punya Hidup Tersingkat Sedunia

Ilustrasi mayfly. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Mayfly dikenal sebagai hewan dengan umur tersingkat di dunia. Umurnya hanya berusia 24 jam, tapi ada juga yang cuma 5 menit.

Dikutip dari Britannica, A-Z Animals, dan Live Science, Selasa (19/9/2023), mayfly tergolong ke ordo Ephemeroptera—serangga yang hidupnya singkat dan muncul dalam jumlah yang sangat banyak pada periode musim panas. Serangga ini juga dinilai hewan yang primitif karena sudah ada sejak 350 juta tahun yang lalu.

Mayfly punya mata yang besar, antena yang fleksibel, tubuh yang ramping, 2-3 ekor yang panjang, serta 2 pasang sayap.

Digigit Kucing Liar, Pria Ini Terinfeksi Bakteri Misterius

Ada 2.500 spesies mayfly yang tersebar di seluruh dunia dan 700 di antaranya di Amerika Utara dan Meksiko. Serangga ini bisa ditemukan di berbagai benua, kecuali Arktik dan Antartika.

Serangga ini punya empat siklus kehidupan, yaitu telur, nimfa, subimago, dan imago. Mayfly betina bertelur di air, lalu telur itu menetas menjadi nimfa. Nimfa ini hidup di dasar air hingga dua tahun.

Setelah itu, mayfly “pindah” dari air ke darat dan udara pada fase subimago. Pada fase imago, mayfly dewasa masuk ke masa kawin. Mayfly dewasa hidup kurang dari 24 jam. Malah, ada yang umurnya kurang dari 5 menit. 

Alasan Unik Kecoak Sering Terbang ke Arah Wajah

Yang menarik, serangga itu tidak punya organ pencernaan. Serangga itu mengandalkan sumber energi yang dikumpulkan ketika masih menjadi nimfa. Sekadar informasi, sebagian besar nimfa mayfly memakan organisme lain seperti diatom dan alga. Akan tetapi, ada beberapa di antaranya yang merupakan karnovira.

Karena tidak punya organ pencernaan, seekor mayfly betina punya ruangan yang lebih besar untuk menyimpan telur, bahkan mencapai 10 ribu butir. 

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//