Fakta Unik Kucing: Punya 276 Ekspresi untuk Komunikasi

Seekor kucing sedang berbaring. (Dokumen Pexels.com)

FAKTA.COM, Jakarta – Kucing tidak hanya berkomunikasi dengan mengeong dan mendengkur, tetapi juga “berbicara” dengan ekspresi wajah. Bahkan, “anak bulu (anabul)” ini punya ratusan ekspresi untuk berkomunikasi.

Dikutip dari Science Direct, Jumat 3 November 2023, hal ini terungkap dari studi yang dilakukan oleh asisten profesor psikologi di Lyon College, Brittany N. Florkiewicz, dan mahasiswa kedokteran di University of Kansas Medical Center, Lauren Scott. 

Florkiewicz dan Scott meneliti 53 kucing short hair di CatCafe Lounge—sebuah perusahaan nirlaba di Los Angeles. Mereka menggunakan metode sampel oportunistik dan berhasil merekam cara kucing berkomunikasi dalam rekaman video berdurasi 194 menit. Dari penelitian ini, diketahui bahwa mamalia ini punya 276 ekspresi wajah ketika berkomunikasi dengan sesama kucing.

Alasan Sebenarnya Anjing Suka Mengubur Tulang

Mengutip dari Live Science, masing-masing kucing menggabungkan 4 dari 26 gerakan wajah yang unik, termasuk bibir terbuka, pupil melebar atau menyempit, berkedip, sudut mulut melengkung, dan posisi telinga yang berbeda.

Perilaku kucing pun turut diperhatikan, seperti kucing yang tadinya bermain-main, tiba-tiba jongkok lalu mendesis kepada salah satu temannya. Salah seorang peneliti, Florkiewicz, mengaku terkejut melihat perubahan ekspresi itu.

Kepada Live Science, dia mencontohkan perubahan cepat ekspresi wajah kucing ini bermula dari mata seekor kucing terlihat santai dan kumis terdorong ke belakang. Itu merupakan gerakan untuk mendekati kucing lain.

"Kemudian, keadaan memburuk. Telinganya bergerak dan kumis ke belakang," kata Florkiewicz.

Fakta Unik Kepiting Vampir, Satwa Mungil Berwarna Ungu

Diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut tentang ekspresi wajah kucing karena literaturnya masih sangat sedikit, kata Florkiewicz. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti apa yang “dibicarakan” antara satu kucing dengan kucing lainnya. Para peneliti ini juga berharap penelitannya bisa membantu untuk mengetahui ekspresi yang dibuat oleh kucing.

Dia mengharapkan penelitian ini bisa membantu masyarakat dan shelter untuk bisa menilai kucing-kucing yang dirawat.

Sekadar informasi, ekspresi wajah kucing ini lebih banyak daripada manusia dan anjing, tetapi lebih sedikit daripada simpanse. Berdasarkan penelitian-penelitian yang sebelumnya, ada 44 ekspresi wajah manusia, 27 anjing, dan 357 simpanse.

Penelitian ini sudah terbit di jurnal Behavioural Processes pada 18 Oktober 2023.  

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//