Deretan Fakta Menarik Seputar IKN

Ibu Kota Negara (IKN) terletak di Kalimantan Timur. (Indonesia.go.id)

FAKTA.COM, Jakarta – Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi sorotan publik belakangan ini. Rencana pemerintah memindahkan pusat pemerintahan ke DKI Jakarta ke IKN, Kalimantan Timur, tinggal menunggu waktu.

Ngomong-ngomong IKN, ada sejumlah fakta menarik seputar IKN. Apa saja? Berikut ini rinciannya, dikutip dari Antara, IKN, dan Indonesiabaik, Rabu (14/8/2024).

Nama Nusantara Dipilih karena Sudah Lama Dikenal

Fakta menarik seputar IKN yang pertama adalah penggunaan nama Nusantara. Sejatinya, IKN dirancang untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju yang sesuai dengan Visi Indonesia 2045. Untuk namanya, Nusantara dipilih karena sudah dikenal sebelum kemerdakaan Indonesia.

Nusantara mencerminkan konsep wilayah yang terdiri atas banyak pulau yang disatukan oleh lautan. Ini yang menjadi penegasan Indonesia merupakan negara maritim.

Selain itu, Nusantara juga dicerminkan sebagai keragaman geografis yang mendasari kekayaan budaya etnis di Indonesia.

Terletak di Dua Kabupaten
Salah satu fakta menarik seputar IKN adalah ibu kota itu terletak di dua kabupaten. (Foto: Sekretariat Kabinet) Salah satu fakta menarik seputar IKN adalah ibu kota itu terletak di dua kabupaten. (Foto: Sekretariat Kabinet)


Fakta menarik IKN berikutnya adalah terletak di dua kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Sekadar informasi, IKN memiliki luas yang terdiri atas darat dan laut. Wilayah darat seluas 256.142 hektare, sedangkan yang laut 68.189 hektare.

Nah, wilayah darat IKN terbagi jadi dua daerah, yaitu kawasan inti pusat IKN dengan luas 56.180 hektare dan pengembangan 199.962 hektare.

Minim Bencana

Ada beberapa pertimbangan pemerintah memilih Kalimantan Timur menjadi daerah untuk IKN. Salah satunya adalah provinsi ini minim bencana, seperti banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, dan gunung berapi.

Gagasan Pemindahan Ibu Kota Muncul Sejak Lama

Fakta menarik seputar IKN yang terakhir adalah gagasan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN bukanlah ide baru di era Presiden Joko Widodo.

Gagasan pemindahan ibu kota negara sudah ada sejak Presiden Soekarno pada 1960. Kala itu, dia berniat memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangka Raya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//