Daftar Makanan Sehat dan Bergizi untuk Sahur dan Buka Puasa

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
29 Februari 2024 21:57 WIB
Apa saja ya makanan yang sehat dan bergizi untuk sahur dan buka puasa? (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta - Tubuh kita memerlukan makanan sehat dan bergizi untuk sahur dan buka puasa. Makanan ini bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

Biasanya orang-orang mengkonsumsi gorengan serta makanan dan minuman manis untuk buka puasa. Padahal, salah mengkonsumsi makanan saat buka puasa, bisa mengganggu kesehatan, misalnya gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, atau diabetes.

Begitu pula dengan sahur. Ada baiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dikonsumsi saat sahur. Makanan-makanan itu bisa memberikan energi yang cukup dan menjaga gula darah ketika berpuasa.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Kamis (29/2/2024), berikut ini adalah lima jenis makanan sehat dan bergizi untuk sahur dan buka puasa.

A. Sahur

Lafal Niat Qadha Puasa Ramadan dan Artinya

1. Kurma dan Buah-buahan Segar

Buah kurma memiliki segudang manfaat. Selain bisa memperlancar buang air besar (BAB), kandungan serat dalam kurma bisa membantu kita merasa kenyang lebih lama.

Manfaat lainnya dari kurma adalah bisa menormalkan kembali gula darah. Para ahli gizi menyarankan untuk konsumsi 1-3 butir kurma.

Sementara itu, buah-buahan segar seperti apel dan melon memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan gizi ini bisa membantu memelihara daya tahan tubuh dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selama berpuasa.

2. Protein Rendah Lemak

Kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan berprotein yang rendah lemak. Misalnya, telur, ayam, dan ikan.

Mengapa? Tubuh akan mencerna protein secara pelan-pelan. Dengan begitu, kamu tidak akan cepat merasa lapar. Makanan ini juga bisa menjaga kandungan gula dalam darah, lho.

3. Karbohidrat Kompleks

Salah satu kunci tubuh tetap berenergi selama puasa adalah mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Alhasil, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Apa saja jenis karbohidrat kompleks? Makanan yang mengandung karbohidrat ini seperti gandum, oatmeal, dan nasi merah.

4. Sayur-Mayur

Sayur-mayur menjadi makanan sehat dan bergizi yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur. Sayuran seperti wortel, kembang kol, dan brokoli memiliki serat yang tinggi. Serat ini bisa membantu kita untuk merasa kenyang lebih lama dan menjaga kesehatan pencernaan.

5. Lemak

Lemak merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sebaiknya mengkonsumsi lemak sehat saat sahur seperti ikan, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

B. Buka Puasa

Buka Puasa Masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO

1. Kurma dan Buah-buahan

Selain sahur, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma saat buka puasa. Buah ini bisa mengembalikan kembali gula darah yang hilang ketika berpuasa. Tapi, ingat, jangan mengkonsumsi kurma secara berlebihan, ya.

Buah-buahan segar juga sebaiknya dikonsumsi saat berbuka. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon.

2. Oatmeal

Makanan ini sarat serat. Oatmeal akan membuatmu lebih cepat kenyang sehingga mengurangi makan secara berlebihan. Kamu bisa menambahkan buah-buahan segar ketika makan oatmeal.

3. Makanan dari Sayuran

Ada banyak makanan dari sayur yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa. Misalnya, salad atau sup. Sayuran punya kandungan serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk tubuh. Selain itu, kandungan air dalam sup sayur bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh.

4. Daging Merah

Daging merah (seperti sapi dan kambing) mengandung tinggi protein. Dengan begitu, energi tubuh bisa kembali setelah mengkonsumsinya.

Daging merah mengandung lemak dan zat besi yang bisa mencegah anemia. Sementara itu, daging ayam memiliki vitamin dan mineral yang tinggi, di samping protein.

5. Ikan

Makanan sehat dan bergizi untuk sahur dan buka puasa selanjutnya adalah ikan. Makanan ini mengandung protein dan vitamin B untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Lebih baik mengkonsumsi ikan yang mengandung lemak baik (omega 3) seperti salmon, tuna, dan kembung.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//