Belum Ada Vaksin Mycoplasma, Begini Solusinya

Seorang anak hendak divaksinasi. (Dokumen Freepik)

FAKTA.COM, Jakarta – Pneumonia mycoplasma merupakan penyakit pernapasan yang sering menyerang anak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae

Saat ini, belum ada vaksin untuk bakteri itu.

Mycoplasma belum ada vaksinnya,” kata Dokter Spesialis Anak di RS Cipto Mangunkusumo, Nastiti Kaswandani, dalam konferensi pers virtual pada Kamis (7/12/2023).

Cara Kemenkes Antisipasi Penularan Pneumonia

Nastiti mengatakan vaksin dibuat untuk mencegah risiko suatu kuman yang menyebabkan kematian dan efektif jika digunakan untuk suatu patogen tertentu. Misalnya, vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccin (PCV) dipakai untuk mencegah infeksi bakteri pneumokokus dan vaksin influenza untuk virus influenza.

Karena belum ada vaksin untuk bakteri Mycoplasma pneumoniae, Nastiti menyarankan anak-anak mendapatkan imunisasi lengkap. Dikatakan bahwa vaksin-vaksin seperti PCV dan influenza ini bisa mengurangi risiko jika terjadi koinfeksi dengan virus atau bakteri lain.

“Penting untuk memberikan imunisasi secara lengkap, tetapi tidak mencegah infeksi Mycoplasma. Kalau ada koinfeksi, paling tidak vaksin sudah melindungi bakteri atau virus yang memiliki tingkat keparahan yang tinggi,” kata dia.

Pneumonia Mewabah di China, Kemenkes Minta Masyarakat Jangan Panik

Bagaimana dengan orang dewasa?

Dihubungi secara terpisah, Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama, mengatakan orang dewasa bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 dan influenza untuk mengurangi risiko pneumonia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//