Bedanya Kura-Kura, Penyu, dan Labi-labi

Ini kura-kura, penyu, atau bulus, ya? (Dokumen Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta – Ada beberapa jenis reptil yang memiliki “rumah” di punggungnya, yaitu kura-kura, penyu, dan bulus (labi-labi). Ketiga hewan itu sepintas terlihat mirip, tetapi ada bedanya.

Dikutip dari Britannica dan Discover Wildlife, (13/10/2023), kura-kura, labi-labi, dan penyu sama-sama “dibungkus” dengan tempurung yang bertulang. Ada beberapa pembeda di antara ketiga hewan itu.

Ternyata, Buaya Sering Tidur dengan Satu Mata Terbuka

Pertama, habitat. Kura-kura lebih banyak menghabiskan waktunya di darat dan bisa tinggal di habitat yang beragam, dari gurun sampai hutan hujan tropis. Hewan itu juga pergi ke air hanya untuk minum dan mandi.

Kura-kura. (Dokumen Pexels) Kura-kura. (Dokumen Pexels)

Sementara itu, penyu dan labi-labi sama-sama menghabiskan banyak waktu di air. Bedanya, penyu di laut dan labi-labi di air tawar.

Labi-labi juga disebutkan sering tinggal di dasar sungai yang berlumpur.

Mengenal Kutu Busuk, Serangga yang Mewabah di Paris

Kedua, anatomi tubuh. Kura-kura memiliki tempurung berbentuk kubah dan keras. Satwa itu memiliki empat kaki yang bentuknya menyerupai kaki gajah.

Penyu. (Dokumen Pexels) Penyu. (Dokumen Pexels)

Sementara itu, penyu dan labi-labi punya empat sirip dan tempurung yang pipih, namun punya labi-labi lebih lunak karena terbuat dari tulang rawan. Anggota-anggota tubuh itu mempermudah keduanya untuk berenang di air.

Labi-labi moncong babi. (Dokumen Kementerian LHK) Labi-labi moncong babi. (Dokumen Kementerian LHK)

Ketiga, makanan. Kura-kura ini merupakan hewan yang vegetarian. Penyu ini tergolong hewan omnivora serta sering memakan alga serta hewan laut kecil, seperti ikan dan ubur-ubur. Sementara itu, labi-labi termasuk binatang karnovira dan memangsa ikan-ikan kecil.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//