Alasan Sebenarnya Anjing Suka Mengubur Tulang

Seekor anjing sedang terdiam. (Dokumen Pixabay)

FAKTA.COM, Jakarta – Ada saja kelakuan unik hewan, termasuk anjing. Ada perilaku anak bulu (anabul) yang sangat terkenal, yaitu mengubur tulang dan benda lain.

Ternyata, ada alasan anjing gemar mengubur barang.

Mengutip Live Science, Senin (24/9/2023), seorang pelatih profesional dan konsultan anjing di Florida, Amerika Serikat, Teoti Anderson, mengatakan anjing mengubur sesuatu untuk dinikmati nanti. Metode penyimpanan makanan ini sebenarnya merupakan perilaku yang lazim dilakukan oleh para unggas dan mamalia, terutama nenek moyang anjing, serigala abu-abu. Di sini anjing mendapat “warisan” mengubur.

Digigit Kucing Liar, Pria Ini Terinfeksi Bakteri Misterius

Menurut jurnal Ethology, serigala abu-abu terkenal dengan kemampuan berburu yang licik dan menikmati mangsanya sendiri. Kadang-kadang dia membawa dan mengubur sisa-sisa buruannya.

Penelitian di jurnal ini juga menunjukkan bahwa anak-anak serigala pun juga mengubur dan menyimpan makanannya sendiri agar tidak ditemukan oleh saudaranya.

Ketika anjing menunjukkan perilaku mengubur sesuatu di belakang rumah, itu berarti hewan ini mengikuti naluri dari leluhur mereka.

Tak Sebatas Makanan

Kini, sebagian besar anjing tidak perlu menyimpanan makanan dengan mengubur di tanah karena mendapatkan makanan dari pemiliknya. Tapi, ada kalanya hewan itu mengubur sesuatu yang disayangi, seperti tulang atau mainan karena dorongan naluri.

Seorang ahli perilaku anjing, Cesar Millan, mengatakan perilaku ini menjadi cara anjing untuk bermain dengan benda-benda yang disayangi. Tindakan ini juga menjadi cara binatang supaya tidak stres.

Alasan Unik Kecoak Sering Terbang ke Arah Wajah

Beberapa ras anjing seperti terrier lebih suka untuk menggali, seperti mengubur makanan atau buat lubang tanpa alasan. Anderson menilai anjing yang khusus dikembangbiakkan untuk berburu atau mengejar, sering mengubur tulang, mainan, dan snack.

Setelah mengubur, ada yang sering mengabaikannya selama beberapa hari dan ada pula yang memindahkannya berkali-kali sebelum dikubur “permanen” di satu tempat. Malah, ada juga anjing yang lupa bahwa sudah mengubur sesuatu.

Anderson mengatakan barang-barang yang dikubur anjing pun tidak sebatas mainan dan makanan, tetapi benda-benda yang menarik perhatiannya, seperti bebatuan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//