5 Cara Kelola Uang Agar Tetap “Napas” Sampai Gaji Cair

Dompet sudah kosong, tapi gajian masih lama. (Dokumen Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta – Masih pertengahan bulan, tetapi sudah bokek. Menunggu gajian pun rasanya masih lama.

Pernah mengalami hal serupa, Sobat?

Ternyata, uang cepat habis sebelum akhir bulan karena manajemen keuangan yang kurang baik. Mau gaji sebanyak apa, jika tidak diatur dengan baik, tetap akan habis dengan cepat.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Jumat (13/10/2023), ada lima cara yang bisa kita lakukan untuk mengelola uang agar masih bisa bertahan hingga akhir bulan.

Sudah Gajian? Yuk Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

Pertama, mengecek kembali pengeluaran. Memang agak ribet, tapi cara ini sangat penting. Kamu bisa mendata kembali semua pengeluaranmu dari tanggal gajian hingga sekarang, mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil. Bahkan, jajan seblak dan cilok pun perlu kamu catat.

Pencatatan ini bisa membantu kamu untuk melacak ke mana uang-uangmu “menguap”. Jangan lupa untuk mencatat uang yang tersisa, ya!

Kedua, revisi anggaran. Setelah mencatat semua pengeluaran, kamu bisa memperbaiki kembali anggaran finansial. Coretlah mana pengeluaran yang tidak penting. Misalnya, kamu bisa menghapus uang jajan kopi Rp15 ribu setiap hari. Lalu, buatlah anggaran baru sesuai dengan uang yang tersisa.

Ketiga, stop jajan untuk sementara. Caranya kamu bisa memasak sendiri di rumah dan membawa bekal makan siang. Selain lebih higienis, bawa bekal dari rumah juga membuat kantong semakin sehat. Ada baiknya untuk berhenti jajan terlebih dahulu.

Diminati Banyak Orang, Segini Gaji PNS

Keempat, membandingkan harga dan manfaatkan diskon. Ketika ingin berbelanja sembako atau kebutuhan bulanan, ada baiknya kamu membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya, atau antar platform e-commerce, Carilah juga diskon yang menarik yang ditawarkan masing-masing tempat. Hal ini bertujuan agar kamu membeli barang dengan harga yang lebih murah.

Kelima, cari tambahan uang. Kalau uang enggak cukup sampai akhir bulan, gimana? Kamu bisa mendapatkan tambahan duit dengan mencari pekerjaan sampingan. Misalnya, menawarkan jasa open commission art untuk yang punya keahlian menggambar. Lumayan, kan, hasilnya bisa untuk tambahan uang makan?

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//