4 Hewan Laut yang Sering Dikira Tanaman

Anemon laut. (Dokumen Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta – Kita sering terkecoh dengan keberadaan makhluk hidup yang tinggal di laut. Bentuknya yang menyerupai tumbuhan sering membuat orang mengira bahwa binatang itu adalah tanaman.

Menurut penelusuran FAKTA.COM dari berbagai sumber, Selasa (26/9/2023), ada empat contoh hewan laut yang memiliki fisik menyerupai tumbuhan. Berikut ini adalah rinciannya.

1. Anemon

Yang pertama adalah anemon laut. Hewan ini berbentuk seperti bunga yang menempel di karang dan berwarna-warni.

Mengutip Wonderopolis, ada 1.000 spesies anemon yang tersebar di laut. Binatang ini berukuran mulai dari setengah inci sampai 6 kaki. Dia punya tentakel yang siap menyengat predator yang mendekatinya dan melumpuhkan mangsa.

Anemon laut. (Dokumen Pexels) Anemon laut. (Dokumen Pexels)

Jika pernah menonton Finding Nemo, kamu akan tahu alasan ikan badut berumah di anemon. Anemon melindungi ikan badut dari predator. Sementara itu, ikan menjaga tubuh anemon itu tetap bersih.

Fakta Unik Kepiting Vampir, Satwa Mungil Berwarna Ungu

2. Bambu Laut

Dikutip dari akun Instagram Kementerian Kelautan dan Perikanan, @kkpgoid, Selasa (26/9/2023), bambu laut atau Isis hippuris, merupakan salah satu jenis karang lunak. Hewan itu merupakan penyusun terumbu karang setelah karang batu.

Bambu laut termasuk gorgonia dan berwujud seperti pohon dan melekat di dasar perairan. Warnanya pun beragam, mulai dari kuning terang, coklat, atau emas.


3. Spons Laut

Spos laut atau bunga karang ini merupakan hewan yang padat, berpori, dan berangka. Di dalam tubuh spons laut, terdapat rambut halus atau flagel untuk memerangkap makanan. Rangkanya yang kuat bisa menopang agar tetap kokoh di tengah tekanan air yang kuat.

Spons laut. (Dokumen National Ocean Service) Spons laut. (Dokumen National Ocean Service)

Mengutip laman National Ocean Service, binatang itu memegang peran penting bagi eksositem terumbu karang. Spons akan menyaring air, mengumpulkan bakteri, serta memproses karbon, nitrogen, dan fosfor. Kotoran bunga karang ini bisa menjadi makanan bagi organisme laut lainnya.

4. Teriping

Teriping ini termasuk ke dalam kelas Cirripedia. Dilansir dari Britannica, hampir 1.000 jenis teriping di laut. Teriping dewasa merupakan parasit bagi hewan invertebrata seperti kepiting, ubur-ubur, dan bintang laut.

Teriping. (Dokumen Pexels) Teriping. (Dokumen Pexels) Terancam Punah, Badak Jawa Kini Tinggal 80 Ekor

Hewan ini juga sering menempel di kapal dan instalasi laut. Di kapal, misalnya, teriping bisa menambah bobot kendaraan sehingga mengurangi efisiensi penggunaan bakar. Di samping itu, binatang tersebut juga mempercepat logam berkarat.

Meskipun terkenal sebagai parasit, hewan ini juga diolah menjadi makanan. Di Spanyol, misalnya, goose barnacle diolah menjadi makanan dan harganya sangat mahal. Di Jepang, teriping bisa diolah menjadi pupuk.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//