Siap Berlaga di Qatar, Timnas Tak Boleh Gentar

Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Permulaan atau kick off Piala Asia 2023 di Qatar bakal digelar sekitar sebulan ke depan, tepatnya pada Jumat, 12 Januari 2024. Tim nasional Indonesia pun siap mentas serta akan bersaing dengan tiga negara lain yaitu Jepang, Vietnam, dan Irak yang sama-sama berada di Grup D.

Sudah hampir 15 tahun lamanya Indonesia gagal melaju ke laga putaran final AFC Cup. Terakhir, tim Garuda bermain di kompetisi paling bergensi se-Asia ini ketika menjadi tuan rumah pada 2007 silam.

Dalam laman resminya, Asian Football Confederation (AFC) mulai merilis sejumlah artikel terkait tim maupun para penggawa yang berpotensi menjadi bintang dalam ajang ini. Termasuk calon-calon lawan timnas Indonesia di babak fase Grup.

Justin Hubner Siap Bela Timnas di Piala Asia Qatar 2023

"Vietnam akan menjadi tim yang harus diperhatikan di (Piala Asia) Qatar 2023," tulis AFC dalam salah satu artikelnya. Tim asuhan pelatih Philippe Troussier patut menjadi perhatian karena punya prestasi dua kali lolos ke babak perempat final ajang tersebut.

Selain itu, timnas Irak juga tak bisa dipandang sebelah mata. Maklum, pada 17 November lalu, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan digusur dengan skor 5-1 dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

Skuad Irak juga memiliki penyerang muda yang andal, Ali Al Hamadi. Pemain terbaik liga di kompetisi klub setempat ini pun turut merasakan manisnya menjebol gawang ke Indonesia dalam laga tersebut.

Tiket Piala Asia 2023 Qatar, Harga Mulai Rp100 Ribuan

Satu tim lain yang perlu jadi perhitungan yakni, kesebelasan dari Negeri Sakura. Hingga kini, Jepang merupakan negara terbanyak pengangkat trofi Piala Asia, terakhir tim ini mampu menjadi juara pada tahun 2011 silam.

Perjalanan Asnawi Cs

Riwayat timnas Indonesia hingga berhasil meraih tiket putaran final Piala Asia Qatar 2023 cukup berliku. Perjalanan terjal harus dilalui skuad Garuda, bahkan perlu lewat jalur play off untuk bisa lolos ke kualifikasi putaran ketiga.

Hal ini lantaran Indonesia berada di urutan buncit babak kualifikasi putaran kedua Grup G, di bawah Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Beruntung di babak play off tersebut, Indonesia menang melawan Taiwan dengan agregat 5-1.

Berlaga di Grup A kualifikasi putaran kedua, timnas tampil menjanjikan. Para pemain asuhan Shin Tae-yong berhasil menghempaskan Nepal 7-0 dan menempatkan Indonesia sebagai salah satu peringkat dua terbaik, sekaligus berhak berlaga di AFC Cup 2023.

"Kami berhasil meraih kemenangan, ini berkat kerja sama tim, para pemain sama-sama bekerja keras meraih kemenangan. Kemenangan ini sangat penting bagi kami, karena kami mampu lolos ke Piala Asia (2023),” kata salah seorang pemain, Witan Sulaeman usai timnas mengalahkan Nepal pada 15 Juni 2022.

Prestasi Garuda di Asia

Indonesia pertama kali tampil di Piala Asia pada 1996 di UEA. Ketika itu, pemain yang diisi Widodo Cahyono Putro dan kawan-kawan meraih satu poin berkat hasil imbang kontra Kuwait dengan skor 2-2. Bahkan, gol salto Widodo ke gawang Kuwait juga dinobatkan menjadi gol terbaik pada ajang tersebut.

Piala Dunia U-17 Bisa Bangkitkan Sepak Bola Muda Indonesia

Semenjak itu, tim Garuda terus langganan meraih tiket putaran final Piala Asia. Terakhir, Indonesia mentas di AFC Cup 2007 sekaligus bertindak sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Meski didukung seratusan ribu penonton di Gelora Bung Karno Jakarta, prestasi Indonesia di Piala Asia rupanya masih belum menanjak. Tim Garuda gugur di babak penyisihan Grup setelah kalah dari Arab Saudi dan Korea Selatan.

Indonesia hanya memenangi satu pertandingan. Yakni, Budi Sudarsono dan kawan-kawan menang melawan Barhain dengan skor 2-1.

Pada Januari 2024 nanti, penampilan tim asuhan Shin Tae-yong akan kembali diuji. Tak boleh gentar, meski prestasi di Piala Asia belum mengakar.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//