Posisi Klasemen dan Rincian Medali Indonesia di Asian Games Hangzhou

Maskot Asian Games 2022 Hangzhou. (Dokumen Asian Games 2022 Hangzhou)

FAKTA.COM, Jakarta - Kontingen Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou membawa pulang 36 medali. Dari jumlah itu, terbanyak berasal dari medali perunggu.

Mengutip website Asian Games 2002 Hangzhou, Minggu (8/10/2023), Indonesia menempati urutan ke-12 perolehan medali terbanyak. Posisi itu mengungguli beberapa negara di kawasan ASEAN seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura.

Adapun posisi teratas perwakilan ASEAN di Asian Games 2022 ini adalah Thailand dengan koleksi 58 medali.

Jawara Bulu Tangkis Indonesia Terus Berguguran di Ajang Asian Games

Secara rinci, tuan rumah Republik Rakyat Cina (RRC) menjadi pemuncak klasemen dengan mengoleksi 383 medali. Rinciannya, 201 emas, 111 perak, 71 perunggu.

Angka tersebut sulit dikejar oleh negara lainnya yang berada di posisi dua dan tiga yakni Korea Selatan 190 medali, dan Jepang 188 medali.

Rincian Medali Indonesia

Dari perolehan 36 medali, Indonesia mengoleksi 7 emas dari enam cabang olahraga (cabor). Di antaranya, 2 dari menembak, dan masing-masing 1 emas dari BMX, perahu naga, panjat tebing, angkat berat, dan wushu.

Sementara perolehan perahu naga menjadi cabor koleksi medali perak terbanyak Indonesia dengan jumlah 4. Untuk perunggu masing-masing 3 medali dari menembak dan dayung.

Adapun cabor dengan medali terbanyak adalah perahu naga dengan catatan 6 medali. Terdiri dari 1 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Cabor lainnya adalah menembak, panjat tebing, dan wushu masing-masing mengoleksi 5 medali.

Menanggapi perolehan medali itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Dito Ariotedjo menyampaikan apresiasinya atas perjuangan kontingen Indonesia. Namun dia meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta seluruh masyarakat Indonesia atas tidak tercapainya target 10 besar di akhir klasemen.

"Tapi kita harus bangga karena untuk sejarah Asian Games di luar kita tuan rumah, ini cukup signifikan," ujar Dito dalam keterangannya, Minggu (8/10/2023).

Langkah Timnas Indonesia Kandas di Perdelapan Final Asian Games

Dito bilang, mulanya tim review punya target awal yakni berada di 12 besar klasemen akhir dengan torehan 8 medali emas. Tapi, sasaran tersebut meleset sedikit.

"Harus kita akui meleset walupun sangat sedikit satu medali lagi dan satu peringkat lagi, kita sesuai target," kata Dito menambahkan.

Lebih lanjut, Menpora Dito nantinya bersama stakeholder terkait akan melakukan evaluasi secara keseluruhan. Tim review, bilang Menpora Dito akan melakukan analisa merespons hasil perolehan kontingen Indonesia di Asian Games kali ini.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//