Olimpiade 2024, Prestasi Terbaik Kedua Tim Indonesia sejak 1992

Ilustrasi prestasi Tim Indonesia di Olimpiade.

FAKTA.COM, Jakarta - Olimpiade Paris 2024 tercatat merupakan performa tim Merah Putih terbaik kedua dalam pesta olahraga terbesar dunia tersebut sejak 1992.

Indonesia finis di posisi ke - 39 dengan meraih dua medali emas dan 1 medali perunggu. Dalam Olimpiade Paris, Indonesia menerjunkan sebanyak 29 atlet (16 putra, 13 putri) dalam 12 cabang olahraga.

Dua medali emas dipersembahkan oleh Veddriq Leonardo di nomor speed putra panjat tebing dan Rizki Juniansyah di nomor 73kg angkat besi. Sedangkan medali perunggu dipersembahkan oleh Gregoria Mariska Tunjung di nomor tunggal putri badminton. 

Pencapaian ini merupakan peningkatan dibandingkan Olimpiade sebelumnya yaitu Olimpiade Tokyo 2020 pada 2021, yang memboyong 1 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu. Saat itu Indonesia finis di peringkat ke- 55.

Seluruh medali dipersembahkan oleh dua cabang olahraga saja, yaitu bulutangkis dan angkat besi. Emas dipersembahkan oleh tim bulutangkis ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, perak diberikan oleh atlet angkat besi Eko Yuli Irawan. Sedangkan perunggu dipersembahkan oleh atlet angkat besi Rahmat Erwin Abdullah, atlet angkat besi putri Windy Cantika, atlet bulutangkis Anthony Ginting.

Sementara itu pada tahun 1992, yang menjadi prestasi terbaik Tim Merah Putih dalam Olimpiade, Indonesia meraih peringkat ke- 24 di Barcelona. Saat itu, Indonesia memboyong 2 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Dari sebanyak 42 atlet yang diterjunkan (27 pria, 15 wanita) untuk 31 nomor dalam 10 cabang, medali seluruhnya disumbangkan dari cabang olahraga bulutangkis. Peraih medali emas yaitu bulutangkis tunggal putri Susi Susanti, bulutangkis tunggal putra Alan Budikusuma. 

Untuk medali perak diraih tunggal putra Ardy Bernardus Wiranata, dan tim ganda putra Eddy Hartono - Rudy Gunawan. Sedangkan medali perunggu diraih oleh tunggal putra Hermawan Susanto. Olimpiade 1992 di Barcelona tersebut disebut menjadi tanda kejayaan bulutangkis Indonesia.

Secara total, selama mengikuti Olimpiade sejak 1952 hingga 2024, Indonesia telah meraih 40 medali terdiri dari 10 medali emas, 14 perak dan 16 perunggu. 

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//