Masuk Awal Tahun, Harga Emas Sedang Turun

Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Dari sejumlah jenis investasi, kepemilikan emas hingga kini masih menjadi pilihan masyarakat. Meskipun harganya berfluktuasi saban hari, harga emas dari tahun ke tahun cenderung meningkat.

Berdasarkan laman Logammulia.com, per Kamis (4/1/2024), harga emas batangan Antam mencapai Rp1.123.000 per gram. Jumlah tersebut turun Rp6.000 ketimbang hari sebelumnya.

Bahkan, dibandingan harga sebulan terakhir atau per 4 Desember 2023, harga emas batangan Antam turun lebih dalam, yakni sebesar Rp22.000 per gramnya. Sebulan lalu, harga emas mencapai Rp1.145.000 per gram.

Investasi jangka panjang

Investasi berarti upaya penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau kegiatan untuk tujuan keuntungan. Kepemilikan emas ini menjadi salah satu instrumen investasi lantaran harga jualnya yang relatif naik.

Harga Emas Antam Terendah Sejak 2 Juli

Jenis investasi ini lebih ideal digunakan untuk jangka waktu yang panjang, yakni sekitar lima hingga 10 tahun ke depan. Dalam artian, jika pembelian emas dilakukan per hari ini, maka lima tahun ke depan barulah bisa dijual kembali agar keuntungannya lebih optimal.

Namun demikian, investasi tentu mengandung berbagai risiko mengingat fluktuasi harganya yang tidak menentu. Terdapat beberapa tips singkat yang dihimpun Fakta.com dari berbagai sumber sebagai rujukan dalam berinvestasi emas.

Berikut adalah beberapa kiat investasi emas yang bisa Anda pertimbangkan,

  • Tujuan investasi
    Apakah investasi emas diniatkan untuk hari tua? Pendidikan anak? Atau persiapan lain yang membutuhkan biaya besar. Tentukanlah tujuan yang hendak dicapai sebelum memulai kegiatan investasi.

  • Pantau harga
    Sebelum melakukan transaksi pembelian, Anda dapat memantau perkembangan harga emas. Di era digital sekarang ini, sudah banyak platform yang menyediakan informasi harga emas.

  • Aman membeli
    Pastikan tempat pembelian emas teroercaya sekaligus aman dari potensi penipuan. Periksa surat atau sertifikat pendukung emas tersebut.

  • Simpan dan sabar
    Investor emas juga perlu memastikan penyimpanan barang berharganya secara aman. Selain itu, berinvestasi juga memerlukan kesabaran dan tetap fokus akan tujuan awal investasi.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//