Laga Kedua, Ajang Pembuktian Jagoan Asia Tenggara

Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Tim nasional Indonesia akan bersiap menghadapi laga kedua kontra Vietnam dalam ajang Piala Asia 2023. Pertandingan ini bakal berlangsung seru lantaran kedua tim akan berjuang demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Selain itu, laga ini juga menjadi pertarungan bergengsi adu kualitas sebagai jawara Asia Tenggara. Rencananya, Indonesia kontra Vietnam akan digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Jumat (19/1/2024) lusa.

Indonesia Bidik Poin Pertama di Piala Asia

Performa Vietnam cukup prima di laga perdana melawan Jepang. Meskipun pada akhirnya, skuad asuhan Philippe Bernard Victor Troussier harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 4-2.

"Mereka bermain baik melawan Jepang, jadi kami harus mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka, dan membuat perencanaan permainan melawan Vietnam. Ini akan menjadi tantangan menarik bagi kami,” kata pemain timnas Indonesia, Shayne Pattynama dalam keterangannya di laman PSSI, Selasa (16/1/2024).

Sementara, Indonesia pada laga perdana dihempaskan Irak dengan skor 1-3. Sehingga, baik Indonesia maupun Vietnam harus berjibaku untuk saling mengalahkan demi menjaga peluang lolos dari fase Grup D.

Mancini Umumkan 26 Pemain Arab Saudi di Piala Asia

Selain Vietnam dan Indonesia, wakil Asia Tenggara yang turut tampil di Piala Asia 2023 ialah Thailand dan Malaysia. Pada laga pertama, Malaysia tumbang dari Yordania dengan skor 0-4 dalam pertandingan fase Grup E. .

Sedangkan Thailand mampu mengalahkan Republik Kyrgyzstan 2-0. Saat ini, tim asuhan Masatada Ishi tersebut memuncaki klasemen Grup F dan dibayang-bayangi oleh Arab Saudi.

Protes ke AFC

Timnas Indonesia secara resmi telah melayangkan protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait gol kedua Irak. Gol yang dilesakan oleh Osama Rashid pada menit ke-45 tersebut tetap disahkan oleh wasit Tantashev Ilgiz kendati rekaman menunjukkan Mohanad Ali berada dalam posisi offside sebelum gol tersebut.

Langkah Timnas Terhenti, 16 Negara Siap Beraksi

Manajer timnas Indonesia, Endri Erawan mengatakan, "Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan."

Indonesia harus mengakui keunggulan Irak 1-3 dalam laga penyisihan Grup D. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024).

Dalam pertandingan tersebut, Irak berhasil menyarangkan bola ke gawang Indonesia yang dijaga Ernando lewat kali Mohamad Ali pada menit ke-7. Gol Marselino Ferdinan berhasil menyamakan kedudukan berselang di menit ke-30.

Meski Kalah, Masa Depan Garuda Muda Masih Cerah

Oshama Rashid membuat Irak kembali unggul lewat golnya menjelang akhir babak pertama. Sedangkan gol ketiga Irak diciptakan oleh Aymen Hussein setelah berhasil menang duel udara dengan bek timnas, Rizky Ridho di dalam kotak penalti.

Pada laga kedua Irak akan ditantang oleh Jepang di Stadion Education City Al Rayyan pada Jumat, lusa mendatang.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//