Indonesia Tak Sendiri jadi Negara Berpendapatan Menengah Atas

Ilustrasi. (doc IIF)

FAKTA.COM, Jakarta - Indonesia kembali menjadi negara berpendapatan menegah atas alias upper middle-income country (UMIC). Fakta ini tertuang dalam laporan terbaru dari World Bank, 1 Juli 2023.

Dalam laporannya itu, World Bank mencatat pendapatan nasional bruto atau gross national income (GNI) Indonesia mencapai US$4.580 atau naik 9,8% dari posisi 2021 US$4.170. Dari data itu, Indonesia masuk ke dalam UMIC yang punya ambang batas US$4.466.

Sumber: World Bank Sumber: World Bank

Menanggapi laporan World Bank, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu menerangkan, salah satu pendorong Indonesia naik kelas adalah pemulihan ekonomi yang kuat.

"Terutama efektivitas penanganan pandemi, pelaksanaan Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), serta transformasi ekonomi melalui hilirisasi sumber daya alam (SDA)," ujar Febrio, Senin (3/7/2023).

Sebelumnya Indonesia juga sempat masuk ke UMIC pada 2019 dengan GNI per kapita US$4.070. Namun munculnya pandemi Covid-19 membuat pelemahan ekonomi dan membawa Indonesia ke negara berpendapatan menengah bawah (lower-middle income country (LMIC).

Kembali ke laporan terbaru World Bank, Indonesia ternyata tak sendiri menjadi negara yang naik kelas ke UMIC. Dalam waktu bersamaan, ada El Savador dan Tepi Barat dan Gaza.

Menurut World Bank, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) El Savador serta Tepi Barat dan Gaza sudah cukup membawa keduanya masuk ke UMIC. Dari sisi GNI per kapita, El Savador punya nilai US$4.720 pada 2022 dari posisi 2021 US$4.140.

Penerimaan Pajak Melemah, Perlambatan Ekonomi Mulai Muncul

Sementara Tepi Barat dan Gaza punya GNI per kapita US$4.610 per 2022 dari US$4.220 pada 2021.

Di sisi lain, Guinea dan Zambia naik menjadi negara dengan pendapatan menengah bawah (LMIC) dari negara berpendapatan rendah. Adapun Yordania jadi satu-satunya negara yang turun dari UMIC ke LMIC.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//