Ahlan wa Sahlan, Arab Saudi Dapat Giliran

Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah bersama Australia di Piala Dunia 2034 tertutup sudah. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah resmi mengumumkan Arab Saudi sebagai penyelenggara pertunjukkan terbesar di dunia tersebut.

Presiden FIFA, Gianni Infantino menyebut, pihaknya akan merayakan peringatan 100 tahun penyelenggaraan Piala Dunia dengan melibatkan banyak pihak. "Tiga edisi (Piala Dunia 2026-2034), lima benua dan sepuluh negara terlibat dalam pementasan pertandingan di turnamen tersebut, itulah yang membuat sepak bola benar-benar mendunia," kata dia dalam akun resminya di Instagram awal November lalu.

Menjelang Ajang Sepak Bola Piala Dunia U-17

Rencananya, pada 2026 depan, Piala Dunia akan digelar di tiga negara yaitu Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat. Tepat perayaan ke-100 tahun di Piala Dunia 2030, pertandingan akan dilaksanakan di Maroko bersama Portugal dan Spanyol, serta tambagan tiga pertandingan sebagai peringatan ulang tahun yang akan diselenggarakan di Argentina, Paraguay dan Uruguay.

Semula, ada dua kandidat utama penyelenggaran Piala Dunia 2034, yakni Arab Saudi dan Australia. Belakangan, Australia memilih mundur serta Indonesia pun akhirnya mendukung Arab Saudi sebagai shohibul bait alias tuan rumah.

Ini Daftar 25 Pemain Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Erick Thohir, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengatakan, "Indonesia akan terus mempersiapkan pencalonan Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA setelah tahun 2034, serta kompetisi FIFA lainnya.”

Syarat FIFA

Persyaratan FIFA mengenai stadion yang harus dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 dipermudah. Ketentuan dilonggarkan paling sedikit punya empat stadion berkapasitas minimal 40.000 penonton, dari sebelumnya 14 stadion.

Saat ini, Arab Saudi telah memiliki dua stadion yang memliki kapasitas besar. Masing-masingnya yaitu, Stadion King Fahd di Riyadh dan Stadion King Abdullah di Jeddah.

Sebagai persiapan, otoritas kerajaan di negeri tersebut juga akan merenovasi sejumlah stadion di beberapa kota. Di antaranya di Riyadh, Qiddya, Neom, Dammam, dan Buraidah.

Dipamer di Empat Kota, Ini Penampakan Trofi Piala Dunia U-17

Dalam persepakbolaan dunia prestasi tim nasional Arab Saudi cukup bagus, bahkan jarang absen di sejak pertama kali debut di Piala Dunia Amerika Serikat 1994. Di kejuaraan Piala Asia, negera tersebut sudah empat kali menjadi kampiun.

Babak Panjang Timnas Indonesia Agar Bisa Tampil di Piala Dunia 2026

Menjadi tuan rumah pertunjukkan paling poluler di jagat raya tentu akan membawa keberkahan bagi Arab Saudi. Berdasarkan laporan FIFA, pada Piala Dunia Qatar 2022 lalu jumlah keuntungan yang dapat dicapai penyelenggara hingga mencapai US$7,5 miliar atau sekitar Rp117,75 triliun.

Pantas saja, banyak negara yang berminat meskipun banyak modal yang harus dikeluarkan. Semoga ke depan, Indonesia juga akan dapat giliran.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//