Harga Rata-rata Beras di Pasar Tradisional dan Modern 34 Provinsi

Oleh Issa Almawadi - fakta.com
25 September 2023 09:08 WIB
Ilustrasi harga beras. (Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Harga beras dalam perhatian. Bahkan, pemerintah langsung turun tangan dengan mempercepat penyaluran Bantuan Pangan Beras 10 kg kepada 21,3 juta Keluarga Penerima manfaat (KPM).

"Semula dijadwalkan Oktober, menjadi September," kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dikutip Senin (25/9/2023).

Jokowi Upayakan Harga Beras Bakal Turun dalam Tiga Pekan

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), saat ini harga termahal beras di pasar tradisional berada di Kalimantan Tengah. Harga rata-ratanya Rp18.250 per kg.

Meski begitu, rata-rata harga beras di pasar tradisional 35 provinsi masih berada di level Rp14.350.

Sementara itu, di pasar modern, harga rata-rata termahal saat ini mencapai Rp19.000 per kg yang berada di Sulawesi Tenggara. Untuk pasar modern, rata-rata harga di 35 provinsi Rp14.850 per kg.

Zulkifli menambahkan, Kementerian Perdagangan beersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Bulog juga menggelar operasi pasar. Tujuannya, untuk menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP).

Menurut Zulkifli, operasi pasar dilakukan untuk menjamin harga beras Bulog di harga Rp11.000 per kg. Pemerintah sendiri telah menugaskan Bulog untuk menyalurkan beras SPHP.

Uang Beredar Capai Rp8.363,2 Triliun, Ini Komponen dan Faktornya

Dia pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan stok beras. "Saat ini Bulog punya 1,6 juta ton dan akan ada tambahan 400 ribu ton," ucapnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//