Warga Blora Harus Antre untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
22 September 2023 14:33 WIB
Dokumen Pemkab Blora

FAKTA.COM, Jakarta - Kekeringan dan sulitnya mencari air untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari mulai melanda sejumlah daerah. Bahkan, warga harus rela mengantre serta menempuh perjalanan jauh demi memperoleh air bersih.

Salah satunya di Desa Jurangrejo Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Masyarakat setempat mesti menempuh perjalanan jauh ke sendang atau kolam di sekitar pegunungan atau tempat lain yang dapat menampung air dari mata air di dalamnya.

"Air di desa habis. Sudah lama hampir lima bulan ini," kata salah seorang warga Desa Jurangrejo, Himawati sebagaimana dikutip dari laman pemkab, Jumat (22/9/2023).

Perlu 10 Hari Pemadaman, Karhutla di Jambi Mencapai 100 Ha

Saban harinya, Himawati dan warga lainnya harus mengendarai sepeda motor untuk menuju sendang. Umumnya, agar bisa memenuhi kebutuhan keseharian, ia perlu mengangkut 15 jeriken per hari.

Kepala Desa Jurangjero, Suwoto mengatakan, sekatang ini Sendang Duwur menjadi harapan warga untuk mencari air. Pasalnya, sumur-sumur milik warga di desa telah lama mengering selama musim kemarau.

Kondisi Pohuwato Kondusif, 1.276 Polisi dan Tentara Siaga

"Orang sini itu sendangnya ya di sini, jadi semua ambilnya di sini kalau musim kemarau. Kalau gak ada air di sendang ini, ya kekeringan sekali," kata dia.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//