Tiga Hektare Lahan di Savana Gunung Gede Hangus Terbakar

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
19 September 2023 07:42 WIB
Tangkapan Layar Video BBTNGGP

FAKTA.COM, Jakarta - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memastikan api yang membakar alun-alun Suryakencana Gunung Gede, Jawa Barat berhasil dipadamkan. Luas areal lahan yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar tiga hektare (ha).

"Vegetasi yang terbakar adalah rumput, Edelweiss, dan Cantigi yang berada di lokasi mengarah lereng Gunung Gumuruh," kata Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo dalam siaran persnya, Selasa (19/9/2023).

Satu Titik Api di Gunung Gede Berhasil Dipadamkan

Dia bercerita, pertama kali kepulan asap muncul secara realtime melalui CCTV pukul 12.39 WIB pada Senin (18/9/2023) siang. Selanjutnya, tim Balai Besar TNGGP menyiapkan peralatan pemadaman serta menerjunkan tim menuju lokasi kebakaran lahan.

Langkah lain yang dilakukan yaitu dengan menerjunkan sekitar 100 orang relawan tambahan pada pukul 15.00 WIB. Petugas tersebut berasal dari petugas TNGGP, Volunteer GPO, Volunteer Montana, serta masyarakat dan perwakilan Base Camp.

Masih Ditutup untuk Umum, Kok Savana Gunung Gede Bisa Terbakar?

Para relawan tersebut melakukan pendakian melalui jalur Gunung Putri. Sapto mengatakan, "Mereka membantu melakukan pemadaman dan kegiatan pascapemadaman di lokasi, dan api berhasil dipadamkan tuntas pada jam 16.30 WIB."

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//