Subsidi Turun Rp336 Miliar, Dishub Jamin Tiket Transjakarta Tak Naik

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
21 September 2023 04:46 WIB
Dokumen PT Transportasi Jakarta

FAKTA.COM, Jakarta - DPRD dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepakat menurunkan subsidi tiket bus transjakarta Rp336 miliar dalam rancangan APBD Perubahan 2023. Meski turun, Dinas Perhubunngan wilayah setempat menjamin tidak ada pertubahan tarif tiket transportasi umum tersebut.

"Tetap sesuai rencana kerja angggaran (RKA) 2023. Tidak ada yang berubah," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dikutip dalam laman resminya, Kamis (21/9/2023).

Kaesang Gabung PSI? Grace Natalie: Mawar dan Here We Go

Sebelumnya, Perda APBD 2023 ditetapkan anggaran senilai Rp81,58 triliun. Dari jumlah tersebut, kebutuhan public service obligation (PSO) untuk tiket bus Transjakarta dianggarkan sebesar Rp3,9 triliun.

Kemudian, baru-baru ini DPRD dan Pemprov DKI menyepakati rancangan Perda APBD perubahan 2023 yang turun menjadi Rp79,53 triliun. Salah satu dampaknya, pemangkasan subsidi tiket bus transjakarta Rp336 miliar.

Ciptakan Pemilu 2024 yang Sehat, Bawaslu Gandeng Tiktok

Syafrin bilang, meski PSO turun, kegiatan operasional bus Transjakarta akan tetap optimal sesuai prosedur atau standar pelayanan minimal (SPM). "Prinsipnya, semua moda transportasi yang dikelola BUMD DKI Jakarta akan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," imbuhnya.

Adapun solusi yang akan diambil perusahaan pelat merah ini, salah satunya memangkas keuntungan perusahaan. Syafrin bilang, "Semula ada margin sekitar 10 persen, itu yang diturunkan."

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//