Perjalanan Terlambat Dampak Insiden di Bandung, KAI Berikan Kompensasi

Oleh Hafidz Mukti - fakta.com
05 Januari 2024 13:19 WIB
Kecelakaan KA di Haurpugur, Kabupaten Bandung. (Dok. Istimewa)

FAKTA.COM, Jakarta - Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyampaikan pihak Kereta Api Indonesia (KAI) siap berikan kompensasi terhadap para penumpang yang terdampak atas insiden kecelakaan antara Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) Turangga atau KA 66 dengan Kereta Api (KA) 350 lokal Bandung Raya di Bandung, Jawa Barat pada Jumat (5/1/2024).

KAI akan berikan kompensasi sebesar 100% pengembalian uang atas tiket yang dibeli kepada penumpang yang membatalkan perjalanan KA karena mengalami keterlambatan. 

"Dalam hal penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan penumpang ataupun di tengah perjalanan karena terjadi rintang jalan tersebut yang menyebabkan penundaan keberangkatan atau keterlambatan kereta api penumpang dimaksud, maka Perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100% (seratus persen) di luar bea pesan," kata Ixfan dalam keterangannya kepada Fakta.com pada Jumat (5/1/2024).

'Adu Banteng' Kereta Api di Cicalengka, Lumpuhkan Jalur Selatan

Jika penumpang yang mengajukan pembatalan karena penundaan keberangkatan KA, maka penumpang berhak atas pengembalian dananya tersebut.

"Dalam hal terjadi penundaan keberangkatan kereta api di stasiun keberangkatan penumpang yang diperkirakan akan berlangsung satu jam atau lebih dan penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100% diluar bea pesan," ucapnya.

Selanjutnya, penumpang menolak karena rute KA mengharuskan jalurnya memutar lewati rute lain secara sah pengembalian dana sebesar 100%.

"Dalam hal penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya dikarenakan menolak untuk menggunakan kereta api dengan rute lain/memutar maka perusahaan mengembalikan bea tiket sebesar 100% diluar bea pesan," ujarnya.

Terakhir, jika penumpang yang ingin turun di stasiun yang tidak terlewati imbas perubahan rute perjalanan, maka berhak atas pengembalian uang tiket.

Viral Tabrakan KA Turangga di Cicalengka, Warganet Berduka

"Dalam hal stasiun tujuan penumpang menjadi tidak terlewati oleh kereta api dengan rute memutar maka perusahaan sedapat mungkin menyediakan moda angkutan terusan, jika tidak disediakan moda terusannya maka bea tiket dikembalikan 100% di luar bea pesan," pungkasnya.

Ixfan menambahkan, kereta yang terdampak langsung yaitu KA 252 dan KA 256 Serayu pemberangkatan Pasar Senen menuju Purwokerto. Serta KA 268 Cikurai tujuan Garut dibatalkan. 

"Untuk KA-KA dari Daop 1 Jakarta yang terdampak atas gangguan tersebut yaitu KA 252 dan KA 256 Serayu relasi Pasar Senen – Purwokerto dilakukan rekayasa pola operasi dengan jalan memutar melalui Cikampek – Cirebon Prujakan – Prupuk – Purwokerto. Sedangkan KA 268 Cikurai relasi Pasar Senen – Garut PP dibatalkan," tambahnya. (RND)

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//