Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia

Oleh Gin gin Tigin Ginulur - fakta.com
05 Maret 2024 07:00 WIB
Solihin GP. (Istimewa)

FAKTA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari Jawa Barat. Mantan Gubernur Jabar Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara (GP) meninggal dunia, Selasa (5/3/2024) dini hari sekitar pukul 03.09 WIB.

Mang Ihin, sapaan akrabnya, meninggal saat dirawat di RS Advent, Kota Bandung. Rencananya almarhum akan dibawa ke rumah keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Dago, Bandung, pukul 07.00-09.00 WIB.

Jasad almarhum kemudian dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jalan Sumbawa No 22 Bandung sekitar pukul 09.30 hingga 12.30 WIB.

Kabar meninggalnya Mang Ihin juga disampaikan Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019, Jusuf Kalla (JK) lewat akun instagram-nya. 

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka cita sedalam dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bpk Solihin GP. Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Al Fatihah," tulis JK, seperti dikutop Selasa (5/3/2024).

Soal Harga Beras, Jokowi: Dicek Langsung, Jangan Tanya Saya

Solihin GP lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat 21 Juli 1926. Dia adalah mantan perwira TNI yang pernah menjabat sebagai gubernur Jabar tahun 1970 hingga 1975.

Karier militernya dimulai ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Sementara itu, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyampaikan duka yang amat mendalam atas wafatnya Solihin GP

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Bandung, saya turut berduka. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT," kata Bambang dalam keterangannya.

Bambang juga mendoakan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan. "Semoga keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan," lanjutnya.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//