Ini Daerah Penyuplai Utama Benih Gurami dan Bawal di Indonesia

Dokumen Pemprov Jatim

FAKTA.COM, Jakarta - Provinsi Yogyakarta merupakan salah satu daerah utama penyuplai benih ikan air tawar di Indonesia. Lalu lintas benih ikan jenis gurami, bawal, nila, patin, udang, hingga ikan hias di wilayah tersebut terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

"Per 25 September, data perlintasan kami mencatat ada 75,6 juta benih yang dikeluarkan dari Yogyakarta," kata Plt Kepala Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Keamanan Hasil Perikanan (BP2MHKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ishartini, Jumat (29/9/2023).

Daftar Kekayaan Syahrul Yasin Limpo, Mentan yang Terseret Dugaan Korupsi

Sepanjang 2021 lalu, data lalu lintas ikan tawar yang keluar dari Yogyakarta mencapai 95,8 juta benih. Jumlah tersebut kemudian melonjak hingga 38% menjadi 132,7 juta benih pada periode Januari-Desember 2022.

Untuk proyeksi tahun ini, Ishartini optimistis akan mengalami peningkatan yang signifikan. Pasalnya, geliat usaha pembenihan ikan air tawar di sejumlah daerah di Indonesia kian digemari.

Terhubung Tol Serpong-Cinere, Depok dan Tangsel Semakin 'Dekat'

Adapun dominasi jenis ikan air tawar di Yogyakarta di antaranya, benih nila, bawal, patin, gurami, udang, serta ikan hias. Suhartini mengatakan, "Jika melihat tren lalu lintas benih dalam beberapa tahun terakhir, kami perkirakan masih akan terus naik."

Wakil Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, kehadiran KKP bersama Komisi IV DPR RI tentu akan memotivasi pemerintah daerah dalam memajukan potensi perikanan. Pemkab tentu akan mendukung upaya pusat mendorong perekonomian masyarakat salah satunya melalui pembenihan ikan tawar.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//