Heboh Orang Utan Raksasa di Kalimantan Timur, Ukurannya Hampir Setinggi Rumah

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
08 Juli 2024 22:04 WIB
Penampakan orang utan raksasa yang menggegerkan warganet. (Tangkap layar akun X @Heraloebss)

FAKTA.COM, Jakarta - Belakangan ini beredar video viral tentang orang utan raksasa. Ukurannya terlihat hampir setinggi rumah.

Menurut penelusuran FAKTA.COM di platform X, Senin (8/7/2024), video ini semula diunggah oleh warganet TikTok berakun @khoirulqomarudin. Rekaman itu memperlihatkan seekor orang utan yang muncul dari belakang rumah. Kemudian, satwa ini berjalan ke sebuah pohon dan bergelayutan. Pohon ini juga tidak begitu tinggi. Ada keterangan bahwa kejadian ini berlangsung di Kalimantan Timur.

Video tersebut viral di media sosial dan diunggah oleh berbagai akun. Salah satunya adalah akun X @Heraloebss.

"Penampakan Orang Utan Berukuran Hampir Setinggi Rumah menggegerkan warga Kaltim. (7/7) 📹: khoirulqomarudin. Orang Utan seukuran itu harusnya Bergelantungan di Pohon berukuran Raksasa, Mungkin sudah ga nyaman di habitatnya karena banyak penebangan Liar," cuit @Heraloebss.

Hebat! Orang Utan Bisa Sembuhkan Luka Sendiri Pakai Obat Herbal

Video itu kemudian viral di X dan telah dicuit ulang sebanyak 8 ribu kali dan mendapatkan likes 33 ribu kali.

Warganet terkejut melihat ukuran orang utan yang besar. Mereka juga iba dan menilai kemunculan primata itu berkaitan dengan habitatnya yang sudah mulai tergerus akibat penebangan hutan.

"Habitatnya dirusak," cuit @al***.

"Kasian banget hutannya makin sedikit," cuit @De***.

"Gede banget serem jadinya tapi disisi lain sedih banget tempat tinggal nya udah gak ada karena huntan gundul," cuit @ca***.

Orang utan kalimantan. (Dokumen: Dinas Kominfo Kalimantan Timur) Orang utan kalimantan. (Dokumen: Dinas Kominfo Kalimantan Timur)

Segini Rata-rata Ukuran Orang Utan Kalimantan?

Dikutip dari primata.ipb.ac.id, orang utan kalimantan/borneo (Pongo pygmaeus) merupakan satwa anggota famili Hominidae. Primata itu tersebar di Kalimantan (Indonesia), Sabah dan Serawak (Malaysia).

Pada dasarnya, ukuran orang utan kalimantan lebih besar dan rambutnya lebih gelap daripada orang utan sumatra.

BKSDA Selamatkan Induk Orang Utan di Area Tambang

Orang utan borneo jantan memiliki berat 50 kg-90 kg dengan tinggi 1,25 meter-1,5 meter. Sementara itu, yang betina seberat 30 kg-50 kg dengan tinggi 1 meter.

Satwa itu memiliki lengan yang panjang yang digunakan untuk berayun dan meraih makanan, seperti buah-buahan. Pelipis hewan ini berbentuk seperti bantal dan dimiliki oleh orang utan borneo dewasa dan membuat wajahnya seakan lebih besar.

Orang utan juga punya jakun yang bisa digelembungkan, lho. Fungsinya untuk menghasilkan suara lebih keras untuk memanggil kawanannya.

Menurut IUCN Red List, orang utan Kalimantan termasuk satwa yang terancam punah. Dikutip dari laman Dinas Kominfo Pemprov Kalimantan Timur, jumlah orang utan kalimantan sebanyak 57.350 ekor.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//