Gunung Ruang Erupsi: Status Naik Jadi Siaga dan Ratusan Warga Dievakuasi

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
17 April 2024 14:36 WIB
Gunung Ruang meletus. (Dokumen BNPB)

FAKTA.COM, Jakarta - Gunung Ruang meletus. Letusan ini membuat ratusan warga dievakuasi.

Dikutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (17/4/2024), aktivitas vulkanik Gunung Ruang meningkat sehingga statusnya naik dari level II (Waspada) menjadi III (Siaga) per Selasa (16/4/2024) pukul 16.00 WITA.

Menurut laporan Pusdalops BNPB Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, gunung tersebut meletus pada Selasa malam. Erupsi ini membuat Desa Pumpente dan Patologi di Tagulandang terdampak.

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Boyolali Diguyur Hujan Abu

"Laporan dari BPBD Kabupaten Sitaro, Rabu (17/4/2024), Gunung Ruang kembali erupsi pukul 01.30 WIB," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari. '

Erupsi tersebut mengakibatkan hujan abu vulkanik dan memutuskan jaringan komunikasi di Desa Laingpatehi, Kepulauan Siau Tagulandang Siau, Sulawesi Utara.

Muhari mengatakan erupsi itu membuat 828 orang warga dari 272 KK mengungsi. Rinciannya, 45 orang di Gedung BPU Kecamatan Tagulandang dan 783 orang di rumah dan kerabat saudara di daratan Pulau Tagulandang.

Gunung Marapi Meletus, Ini Bahaya Abu Vulkanik untuk Kesehatan

Ratusan warga yang dievakuasi ini diungsikan di beberapa tempat, seperti Gereja GMIST Nazareth Bahoi dan Balai Latihan Kerja Bahou. Muhari mengatakan nantinya rumah-rumah ibadah di Tagulandang Selatan dan Tagulandang Utara akan difungsikan sebagai tempat evakuasi jika dampak erupsi meluas.

Masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ruang atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif gunung berapi itu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//