2.182 Rumah dan 54 Ha Sawah Terendam Banjir di Nunukan Kaltara

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
26 September 2023 06:05 WIB
Dokumen BNPB

FAKTA.COM, Jakarta - Banjir besar terjadi Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada pekan lalu. Akibatnya, sebanyak 2.182 unit rumah penduduk serta 54 hektare (ha) areal sawah terendam.

Bahkan, seorang warga dinyatakan hilang dan saat ini masih dalam pencarian Tim SAR. Bencana tersebut juga membuat 32 kepala keluarga (KK) terpaksa tinggal di tenda pengungsian.

"Satu warga dilaporkan hilang dan saat ini masih dalam pencarian atas bencana banjir yang terjadi sejak Rabu (20/9/2023) lalu," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dikutip dalam laman resminya, Selasa (26/9/2023).

Kumandang Selawat Iringi 78 Warga Korban Banjir Masuki Rumah Baru

Menurut dia, bencana banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama mengguyur wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Kejadian tersebut membuat 29 desa yang berada dalam 11 kecamatan di Nunukan, Kalimantan Utara terdampak banjir.

Pemerintah Kabupaten Nunukan juga telah menetapkan status tanggap darurat bencana alam banjir selama 14 hari. Otoriotas setempat setelah telah merilis SK Bupati Nunukan Nomor 188.45/574/IZ/2023 terkait masa darurat banjir.

Indonesia Kirim 45 Ton Bantuan untuk Korban Banjir Libya

Menurut Muhari, hujan dengan intensitas tinggi diproyeksikan masih akan terjadi di pekan ini. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk terus waspada serta mengantisipasi potensi banjir susulan.

Ia mengatakan, "Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar memperhatikan kondisi tinggi muka air secara berkala dan selalu memperbarui informasi cuaca di wilayah hulu. Jika terjadi hujan lebat dalam durasi lebih dari satu jam maka disarankan untuk mengevakuasi secara mandiri ke lokasi yang lebih aman."

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//