Dulu Dipuja, Sekarang Begini Nasib NFT

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
29 September 2023 06:05 WIB
Ilustrasi blockchain. (Dokumen Pexels)

FAKTA.COM, Jakarta – Ada banyak jenis aset digital di crypto. Salah satunya adalah non fungible token (NFT).

Dikutip dari Investopedia, Jumat (29/9/2023), NFT merupakan aset yang diperdagangkan di sebuah blockchain. Aset itu punya kode identifikasi yang unik dan metadata yang membedakannya dengan token yang lain.

Ada banyak barang yang bisa dijual sebagai NFT, seperti foto dan dokumen. NFT bisa diperjualbelikan dan ditukar dengan uang, koin crypto, atau aset lainnya. Ini bergantung kepada nilai pasar dan tempat menaruh NFT.

Berbicara soal aset ini, token itu sempat booming di Indonesia tahun lalu karena seorang pemuda Indonesia dengan akun Ghozali Everyday mendapatkan cuan dengan menjual foto selfie sebagai aset digital.

Uang Dingin, Dana yang Cocok untuk Investasi Kripto

Sekarang bagaimana nasibnya?

Menurut laporan dappGambl, NFT melesat pada 2021-2022. Nilai perdagangan bulanannya bahkan mendekati US$2,8 miliar (Rp43,38 triliun) pada Agustus 2021.

Kini, pasar NFT pun sangat berbeda. Data dari Block menunjukkan nilai perdagangan pada Juli 2023 sebanyak US$80 juta (Rp1,24 triliun). Angka ini hanya 3 persen dari persen dari Agustus 2021.

Kemudian, dari 73.257 koleksi NFT yang sudah diidentifikasi, ada 69.765 di antaranya yang punya nilai 0 ETH. Angka ini menunjukkan bahwa 95% orang pemegang koleksi NFT (diperkirakan jumlahnya mencapai 23 juta orang) kini memegang investasi yang tidak bernilai. Temuan ini menjadi peringatan yang serius.

“Di kisah karya seni digital yang terjual jutaan dan kisah sukses dalam semalam, (orang) mudah mengabaikan fakta bahwa pasar penuh dengan jebakan dan potensi kerugian,” tulis dappGambl di dappgambl.com.

Thailand Ancam Tutup Facebook Gara-gara Iklan Penipuan Crypto

Melansir Futurism, ada beberapa token yang tempo lalu bernilai fantastis. Seiring dengan turunnya minat masyarakat, nilai aset itu pun jeblok. Misalnya, harga dasar koleksi Bored Ape Yacht Club jatuh ke 30 ETH atau setara dengan US$58.700 (Rp909.97, juta) pada Juli 2023. Ini merupakan angka terendah sejak Oktober 2021.

Sejak itu, harga dasarnya terus turun. CoinGecko mencatat token tersebut merosot ke 24 ETH atau US$38 ribu (Rp589,08 juta).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//