Liga 1 Indonesia: Penjelasan Soal Champion Series

Oleh Sandy Indra Pratama - fakta.com
13 Mei 2024 10:27 WIB
Suasana latihan dari tim Persib Bandung, salah satu peserta Champion Series.

FAKTA.COM, Jakarta - Kompetisi sepak bola strata tertinggi atau Liga 1 Indonesia kembali mengubah formatnya. Tidak lagi menggunakan format kompetisi penuh, Pada musim ini, kompetisi digelar dengan menggunakan tahap Championship Series setelah musim reguler berakhir, atau dengan kalimat mudah ada tahapan lanjutan bagi tim terpilih untuk selesaikan lanjutan kompetisi.

Format Championship Series yang tahun ini dipakai, kembali diberlakukan setelah selama enam musim berturut-turut --di luar musim 2020 yang berhenti di awal musim karena pandemi COVID-19-- Liga 1 tanah air selalu menggunakan format liga penuh.

Format Championship Series ini sebenarnya bukan barang baru. Pada awal kelahirannya, kompetisi strata tertinggi sepak bola Indonesia yang melebur Galatama dan Perserikatan juga telah menggunakan format empat besar.

Pada musim-musim berikutnya, format empat besar dan delapan besar juga pernah digunakan, sebelum kemudian operator memilih meniadakan format gugur dan menerapkan model klasemen untuk mencari tim juara.

Sebagaimana kepemimpinan PSSI yang terus berubah, operator kompetisi juga ternyata memiliki tren serupa. Pada musim ini, berakhirnya kompetisi reguler yang ditandai dengan seluruh tim telah memainkan semua pertandingannya, tidak berarti kompetisi telah selesai dan juara telah didapat.

Empat tim teratas di klasemen akhir musim reguler akan kembali diadu dalam format dua leg semifinal dan dua leg pertandingan final. Artinya tim juara masih akan harus memainkan empat pertandingan lagi sebelum bisa didaulat sebagai rajanya sepak bola Indonesia.

Dari empat semifinalis, terdapat dua mantan juara dalam diri Persib Bandung dan Bali United, serta dua tim yang belum pernah menjadi juara yakni Borneo FC dan Madura United. Menariknya, dari keempat tim tersebut, tiga tim merupakan nama yang relatif baru dan hanya Persib yang memiliki sejarah panjang di panggung sepak bola tanah air.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//