Indonesia Tantang Australia di 16 Besar Piala Asia

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
26 Januari 2024 00:24 WIB
Dokumen PSSI

FAKTA.COM, Jakarta - Babak penyisihan grup Piala Asia 2023 telah berakhir. Sebanyak 16 negara telah memastikan untuk bertanding di babak perdelapan final yang akan digelar mulai Minggu (28/1/2024) mendatang.

Tim nasional Indonesia mencatatkan sejarah baru dalam perhelatan Piala Asia 2023. Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong tersebut lolos dari fase penyisihan grup dan akan bertanding dalam babak 16 besar.

Laga Kedua, Ajang Pembuktian Jagoan Asia Tenggara

Skuad Garuda bakal menantang Australia di babak perdelapan final yang akan digelar di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar pada Minggu (28/1/2024).

Indonesia tampil sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik penyisihan grup. Hasil tersebut dipastikan setelah pertandingan Grup F antara Kyrgystan kontra Oman yang berakhir imbang 1-1.

Laga lainnya di Grup F juga menampilkan pertandingan antara Arab Saudi melawan Thailand yang berakhir imbang tanpa gol. Thailand bersama Indonesia menjadi dua wakil Asia Tenggara yang masuk ke babak perdelapan final.

Tim tersebut berada di peringkat dua Grup F dengan perolehan lima poin hasil satu kemenangan dan dua kali imbang. Sementara, puncak klasemen Grup F ditempati Aarab Saudi yang mengantongi tujuh poin.   

Penyisihan Grup D

Dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup D Piala Asia 2023, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang. Bertarung di Stadion Al Thumama, Doha, Indonesia takluk dari tim Samurai Biru dengan skor 1-3.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan, dari pertandingan itu bisa terlihat kualitas serangan dari para pemain Jepang. "Meski kami melakukan penjagaan yang ketat, kami selalu kehilangan bola lagi karena pressing Jepang sangat kuat," ujar dia.

Hal ini juga membuat Jordi Amat dan kawan-kawan sulit mengembangkan permainan sekaligus menyambukng koneksi dari satu pemain ke pemain lain lain. Dua kekalahan dengan Jepang dan Irak di babak penyisihan tentu akan menjadi pengalaman yang berharga bagi tim Garuda.

Salah satu keunggulan, skuad timnas di ajang Piala Asia 2023 diisi oleh para pemain muda. Harapannya, kesebelasan ini masih berpotensi untuk terus berkembang dengan pengalaman yang ada.

Shin Tae-yong mengatakan, "Tim ini adalah tim yang termuda dengan mendapatkan pengalaman bermain melawan tim terbaik di Asia akan membantu kami terus berkembang."

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//