Indonesia Hantam Vietnam

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
20 Januari 2024 07:44 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Tim nasional Indonesia memperbesar peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Skuad asuhan Shin Tae-Yong tersebut berhasil menghantam perlawanan Vietnam degan skor 1-0 dalam laga kedua kedua Grup D di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2023).

Sejak menit pertama, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan langsung memegang kendali permainan. Berkali-kali serangan timnas berhasil dihalau kiper Vietnam, Nguyen Filip.

Laga Kedua, Ajang Pembuktian Jagoan Asia Tenggara

Pada menit ke-41, timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Rafael Struick dilanggar oleh Nguyen Tanh Binh. Asnawi Mangkualam Bahar berhasil mengeksekusi tendangan penalti. 

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan sampai turun minum. Namun, di awal babak kedua serangan Indonesia mulai mengendur dan Vietnam mulai berhasil mengembangkan permainan.  

Di sisi lain, timnas juga sempat membahayakan gawang Vietnam lewat serangan balik.   Pada menit ke-89, wasit mengeluarkan Thanh Long Le Pham akibat pelanggaran terhadap Marselino Ferdinan yang tengah beruoaya menusuk jantung pertahanan Vietnam. 

"Kedua tim berusaha yang terbaik dan ini pertandingan bagus. Kami menang berkat sedikit keberuntungan,” kata Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga mengapresiasi dukungan suporter Indonesia di yang memberikan dukungan langsung secara luar biasa di Stadion Abdullah bin Khalifa. Ia juga mengakui, anak asuhnya hingga kini masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki.

Shin Tae-yong mengatakan, “Kami adalah tim muda, jadi agak kurang berpengalaman. Itulah mengapa penampilan di dua babak berbeda. Meski kami kurang pengalaman, tetapi bermain dengan tekad ingin menang. Para pemain dengan segala cara mempertahankan skor.”

Dengan hasil kemenangan dengan Vietnam ini, Indonesia berhasil mendongkrak posisi naik ke peringkat 3 dengan raihan tiga poin. Dalam partai terakhir, skuad Garuda akan bertemu Jepang, Rabu (24/1/2024) yang akan menjadi laga penentuan untuk lolos ke babak 16 besar.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//