Garuda Muda Siap Beri Kejutan di Piala Asia U-23

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
01 Februari 2024 14:10 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

FAKTA.COM, Jakarta - Tim nasional Indonesia usia 23 tahun (U-23) siap memberikan kejutan dalam perhelatan Piala Asia U-23 2024. Rencananya, garuda muda bakal mentas di kompetisi yang akan digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengatakan, mayoritas pemain timnas U-23 telah memiliki pengalaman bertanding di level senior. Bahkan, timnas senior telah membawa prestasi dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

Indonesia Hantam Vietnam

"Ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya tim U-23 bisa masuk 8 besar,” ujar Erick sebagaimana dikutip dari laman PSSI, Kamis (1/2/2023).

Per 9 Januari lalu, rata-rata usia pemain yang membela Indonesia di Piala Asia 2023 sebesar 22,5 tahun per 9 Januari 2024. Bahkan, timnas senior maupun U-23 juga telah mempercayakan posisi utama kepada Marcelino Ferdinan yang usianya baru mencapai 20 tahun.

Erick mengatakan, "Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang."

Perjalanan timnas U-23

Piala Asia U-23 2024 diikuti oleh 16 negara. Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania.

  • Grup A: Qatar, Australia, Yordania, Indonesia
  • Grup B: Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Tiongkok
  • Grup C: Arab Saudi, Irak, Thailand, Tajikistan
  • Grup D: Uzbekistan, Vietnam, Kuwait, Malaysia

Tim asuhan Shin Tae-yong rencananya akan bertanding melawan tuan rumah Qatar pada 15 April depan. Berselang tiga hari, Indonesia akan berhadapan dengan Australia, dan kemudian kontra Yordania.

Tampil di Piala Asia U-23 merupakan pengalaman pertama bagi Rizky Ridho dan kawan-kawan. Indonesia mampu menembus ke babak utama tersebut selah berhasil melalui fase penyisihan dengan mengandaskan Turkmenistan dan China Taipei.

Bagikan:

Data

Komentar (1)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//