FIFA Bantu Proyek Pemusatan Latihan Timnas Indonesia Rp85,6 Miliar

Oleh Muhammad Yazid - fakta.com
24 September 2023 09:07 WIB
Dokumen PSSI

FAKTA.COM, Jakarta -  Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) optimistis masa depan olahraga terpoluler di dunia tersebut akan semakin berkembang di Indonesia lewat fasilitas pemusatan latihan tim nasional di Ibu Kota Nusantara (IKN). Asosiasi bola kaki paling tinggi di dunia ini telah mengucurkan bantuan dana senilai Rp85,6 miliar untuk pembangunan proyek tersebut. 

Presiden FIFA, Gianni Infantino secara langsung turut mengucapkan selamat kepada Indonesia serta Presiden Joko Widodo yang telah melakukan groundbreaking proyek National Training Center di IKN. Peletakan batu pertama proyek tersebut digelar pada Jumat (22/9/2023) lalu.   

Ganjar-Prabowo, Kalau Satu Visi Kenapa Harus Berkompetisi

“Apa yang Anda lakukan sangat fantastis, tempat pemusatan latihan itu akan memberikan dampak yang besar bagi sepakbola di negara Anda dan juga tentu Asia Tenggara,” kata Gianni sebagaimana dikutip dari laman PSSI. 

Untuk mendukung Indonesia, FIFA juga telah memberikan bantuan senilai Rp85,6 miliar untuk pembangunan training center atau TC. Fasilitas fase pertama yang bakal dibangun berupa dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, serta ruang ganti.

Rencananya, Gianni akan berkunjung ke Indonesia serta meninjau proyek pada November mendatang, bersamaan penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup 2023.  Ia menegaskan, "Tentu saya akan hadir di sana dalam acara pembukaan dan penutupan sekaligus untuk menghabiskan waktu bersama Anda semua." 

Perlu 10 Hari Pemadaman, Karhutla di Jambi Mencapai 100 Ha

Punya delapan lapangan 

Dalam sambutan groundbreaking, Presiden Jokowi mengatakan, pusat latihan akan dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare  dan memiliki delapan lapangan serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.  "Pusat latihan ini akan dilengkapi asrama, dengan lingkungan sangat indah dan cantik," kata dia. 

Pemusatan latihan di IKN tak sekadar tempat berlatih, namun akan menjadi lokasi inovasi dan pengembangan sepak bola yang memiliki fasilitas riset dan pengujian teknologi terbaru. Jokowi bilang, pemerintah bersyukur atas bantuan FIFA sebesar Rp85,6 miliar kepada PSSI.

Selain dari FIFA, pemerintah juga siap mendukung pembiayaan pembangunan melalui APBN. Jokowi mengatakan, "Dukungan dari pemerintah juga tidak kecil, sebesar Rp95 miliar yang sudah disetujui Menteri Keuangan, nanti kalau kurang ditambahi lagi sehingga TC ini segera bisa diselesaikan."

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//