Katak Ini Terkecil di Dunia, Ukurannya Lebih Kecil daripada Kuku

Oleh Arie Dwi Budiawati - fakta.com
07 Maret 2024 13:59 WIB
Ada yang bisa tebak ini katak apa? (Dokumen Oddity Central)

FAKTA.COM, Jakarta - Katak kutu brasil (Bracycephalus pulex) mungkin bisa menjadi katak terkecil di dunia. Ukurannya hanya 7-8 milimeter.

Bahkan, ukuran katak kutu brasil ini lebih kecil daripada kuku manusia!

Dikutip dari Oddity Central, Kamis (7/3/2024), seorang peneliti dari Universitas Negeri Santa Cruz di Brasil, Micro Sole, menemukan katak kutu pada 2011. Amfibi itu berukuran sangat mungil. Ukuran uang koin pun lebih besar daripada katak itu.

Unik Banget, Katak Ini Bisa Terbang Sejauh 15 Meter

Menurut jurnal penelitian Sole, katak ini sulit ditangkap dan hanya ditemukan di dua lereng bukit berhutan di Bahia, Brasil selatan.

Untuk studi baru, para peneliti kembali pergi ke habitat katak kutu brasil dan menangkap puluhan spesimen, lalu menelitinya.

Ternyata, katak jantan berukuran 7 mm, sedangkan yang betina 8 mm. Para peneliti juga menemukan katak dewasa yang berukuran lebih kecil, yaitu 6,45 mm.

Para peneliti memperlihatkan bahwa katak terkecil biasanya memiliki kelainan bentuk, seperti jumlah jari yang relatif lebih sedikit atau tidak punya telinga. Ini menunjukkan katak tidak akan mampu lagi bertahan hidup jika ukurannya lebih kecil.

Keunikan Katak Kutu Brasil

Fakta Unik Kepiting Vampir, Satwa Mungil Berwarna Ungu

Katak kutu brasil ini punya keunikan tersendiri, Sobat. Katak ini tidak seperti katak dewasa, yaitu melompat.

Karena ukurannya sangat mungil, mereka tidak bisa mengendalikan sistem vestibular yang bertujuan untuk mengendalikan stabilitas. Dengan begitu, katak kehilangan keseimbangan ketika meninggalkan tanah.

Kurator Herpetology di Natural History Museum of Denmark, Mark D. Scherz, mengatakan katak kutu brasil kemungkinan menjadi vertebrata terkecil berdasarkan ukuran liner. Namun, berdasarkan volume, beberapa spesies ikan bisa mendapatkan gelar hewan vertebrata terkecil di dunia.

"Mereka bertubuh sangat ramping, sedangkan katak berbentuk bulat," kata Scherz.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//