Pembangunan Desa, Ini Klaim Jokowi atas Capaiannya

Presiden Joko Widodo dalam pidato Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan layar Youtube TV Parlemen)

FAKTA.COM, Jakarta - Dalam pidato terakhirnya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, Jumat (16/8/2024), Presiden Joko Widodo memamerkan berbagai pencapaian pembangunan desa.

Melalui kesempatan itu, Jokowi menyampaikan selama masa kepemimpinannya, pembangunan ekonomi Indonesia menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan membuka peluang untuk tumbuh bersama-sama.

“Tahun ini kita telah mampu membangun pondasi dan peradaban baru yang Indonesia sentris, membangun dari pinggiran, desa, dan daerah terluar,” kata Jokowi.

Tingkatkan Perekonomian Daerah, Kemenkeu Resmikan Desa Keuangan Nglanggeran

Klaim itu dilanjutkan dengan berbagai angka-angka pencapaian pembangunan desa yang dipaparkan oleh Jokowi dalam sidang tersebut.

Di antaranya, yang spesifik menyasar desa ialah pembangunan 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, dan 1,1 juta hektar jaringan irigasi baru.

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono menuturkan peran pemerintah dalam membangun desa. Hal tersebut disampaikannya dalam Seminar Keterbukaan Informasi Publik Kemenkeu, Selasa (6/8/2024).

Terkucur Rp609 Triliun, Kemenkeu Akui Masih Ada Penyalahgunaan Dana Desa

Menurut pemaparannya, selama masa kepemimpinan Joko Widodo anggaran dana desa terus ditingkatkan. Sejak awal digulirkan di tahun 2015, jumlahnya Rp20,8 triliun.

Terbaru, di tahun 2024 anggarannya sebesar Rp71 triliun. Thomas juga bilang, per tahun 2024 jumlah penerima dana desa mencapai 75.259.

Di samping itu, dana desa diklaim Thomas mampu berkontribusi dalam pembangunan desa. Ia menyampaikan terdapat kenaikan jumlah desa berstatus desa mandiri, dari sebelumnya 840 desa di 2019 menjadi 16.908 di 2024.

Jumlah desa tertinggal pun angkanya berhasil diturunkan, dari semula 21.162 desa di 2019 menjadi 6.748 desa di 2024.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//